Peluang Bisnis Usaha Kuliner Modal Kecil Yang Menguntungkan Hingga Jutaan

Peluang Bisnis Usaha Kuliner Modal Kecil Yang Menguntungkan Hingga Jutaan

Diposting pada

Bisnis kuliner merupakan ide bisnis yang sangat menjanjikan, karena bisnis kuliner bisa dibilang juga sebagai salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Sebagai bisnis yang memiliki predikat tidak ada matinya, tentunya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis ini, mulai dari peluang bisnis kuliner dengan modal kecil, sampai bisnis kuliner dengan modal fantastis.

Prospek Usaha Kuliner Modal Kecil yang Bisa Menguntungkan Sampai Jutaan Rupiah

Usaha dalam bidang kuliner bisa dijalankan semua orang, bahkan tanpa harus mempunyai kedai pribadi ataupun restoran, bahkan usaha kuliner juga bisa dilakukan di rumah, dengan memanfaatkan dapur pribadi.

Keunggulan lain dari bisnis usaha kuliner adalah perkembangannya sangat cepat terutama di daerah yang sibuk seperti di kota yang masyarakatnya sangat jarang untuk menyempatkan waktu didapur.

Adanya digitalisasi dibidang kuliner seperti shopee food, gofood dan yang lainnya tentunya sangat membantu bisnis usaha kuliner rumahan bisa makin cepat berkembang.

7 Menu ide jualan untuk usaha kuliner rumahan yang paling laku

Meskipun terkesan sepele dan mudah dilakukan tetapi faktanya usaha kuliner lumayan susah juga lho, terutama dalam hal pemilihan menu apa saja yang nantinya akan di jual kepelanggan, Dalam pemilihan menu tentunya ada beberapa hal yang perlu di jadikan poin utama, yaitu apa yang di inginkan pembeli, yang bisa buat kenyang kah, atau hanya sekedar untuk cemilan.

Tiap lokasi tentunya memiliki karakter pembeli yang berbeda, misalnya saja jika lokasi jualanmu adalah lokasi tempat yang padat dengan para pekerja, tentunya makanan yang bisa membuat kenyang bisa dijadikan menu andalan.

Untuk lokasi jualan yang hanya sering di buat nongkrong dan kendaraan lalu lalang, lebih di rekomendasikan makanan cemilan saja yang menjadi menu andalan. Berikut ini beberapa ide jualan untuk usaha kuliner yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi jualanmu.

1. Lontong pecel dan horog-horog

Horog-horog, merupakan salah satu kuliner khas jepara, jika di tempatmu belum ada maka bisa dengan lontong pecelnya saja, skip horog-horognya. Bagi yang tinggal di desa yang nota bene sudah sering makan menu yang satu ini, tentunya masih suka dan tidak ada bosan-bosannya, karena memang sangat lezat dan nikmat.

Untuk yang tinggal dikawasan kota tentunya sudah sangat jarang menjumpai penjual lontong pecel ini, atau mungkin sudah cari kesana kemari belum ketemu juga. Walaupun terkesan hanya makanan pedesaan yang sangat simpel lontong pecel bisa menjadi usaha kuliner yang menguntungkan, karena peminatnya yang banyak, dan penjualnya yang makin sedikit, sehingga antara stok dan permintaan lebih besar permintaan.

2. Jual kerang (seafood)

Seperti yang kita tau, bahwa makanan seafood merupakan salah satu makanan yang di anggap makanan mahal dan hanya sultan saja yang mampu beli. Anggapan bahwa seafood makanan mahal tentunya tak sepenuhnya benar, faktanya harga kerang mentah dari petani kerangnya langsung sangat murah, seafood mahal karena sudah masuk restoran atau rumah makan yang mewah.

Dari survei kecil yang penulis lakukan, kami memperoleh data tentang harga kerang dari petaninya langsung. Untuk kerang tiram 35 ribu – 40 ribu untuk satu ember besar atau satu sak ukuran 10 kg, kerang hijau 13 ribu – 15 ribu perkilo, kerang batik 15 ribu – 25 ribu perkilo, kerang darah / bukur 15 ribu – 35 ribu perkilo, tergantung besar kecilnya kerang, sementara serimping 30 ribu – 40 ribu per satu ember cat besar data di peroleh pada 27 september 2022 dan ada kemungkinan terjadi perubahan harga sewaktu-waktu.

3. Seblak ceker super pedas

Salah satu makanan yang sempat viral dan sekarang pun masih sangat banyak peminatnya adalah seblak ceker super pedas, peminat makanan ini biasanya dari kalangan remaja, selain rasanya yang enak dan bikin nagih, tentunya sensasi pedas menjadi daya tarik tersendiri dari seblak.

4. Nasi uduk

Bagi yang tinggal di daerah jakarta tentunya tidak susah mencari nasi uduk, akan tetapi bagi yang di luar kota tentunya masih sangat jarang di jumpai, padahal rasa nasi yang sangat sedap dan khas dari nasi uduk sangat diminati dan banyak diburu pelanggan.

5. Telur gulung dan aneka frozen food

Walaupun terkesan seperti jajanan anak-anak, akan tetapi justru sekarang ini penikmat telur gulung dan sosis-sosisan (makanan frozen food) justru lebih bayak dari kalangan remaja dan orang dewasa, bahkan selalu jadi andalan di tempat angkringan, yang nota bene pembelinya orang dewasa. Selain pengolahannya yang praktis, resiko makanan basi juga bisa di atasi jika menggunakan sistem ada yang beli baru dimasak, sehingga kerugian lebih bisa diminimalisir.

6. Getuk

Bagi yang suka sekali dengan getuk tentunya sudah sangat tau, bahwa getuk sendiri memiliki banyak varian, mulai dari getuk lindri, getuk kinco, sampai getuk yang benar-benar original asli dari singkong yang di tumbuk, jadi mana nih.. jenis getuk yang paling jadi favoritmu dan pasti di beli saat tidak sengaja menemui penjualnya dijalan.

Walaupun sangat direkomendasikan sebagai pilihan bisnis dengan modal kecil tetapi proses pembuatan getuk agar bisa enak tentunya susah dan tidak sembarangan, sehingga kalau kamu bisa membuatnya, tidak ada salahnya nih untuk coba memasukan ke list bisnis usaha kulinermu.

7. Nasi Liwet

Walaupun hampir sama dengan nasi uduk, karena memang sama-sama nasi gurih yang sudah dibumbui. Yang membedakan dari keduanya adalah, biasanya nasi uduk hanya disajikan dengan lauk kering, sementara nasi liwet bisa lebih nikmat dengan kuah labu siam dan suiran ayam.. Duh makin ngiler pastinya nih, hangat-hangat di buat menu sarapan, tentunya sangat menggugah selera makan pastinya.

Gambar Gravatar
Hanya Ingin Berbagi, Melalui Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *